Refleksi Guru 2021 Menuju Resolusi 2022.
Siti Rohani,
S.Pd. M.M.
Guru SMP Negeri I Kalirejo Lampung Tengah
Provinsi Lampung
Refleksi Guru
2021 Menuju Resolusi 2022.
Mengenalkan dunia Blogger di Sekolah Penggerak
Profesi
sebagai guru adalah pilihan pekerjaan terbaik bagi saya, faktor utamanya adalah saya bisa mengatur waktu untuk berbagi antara pekerjaan sebagai guru dan sebagai ibu rumah tangga, saya ingin kedua-duanya berjalan seiring sejalan, tidak muluk-muluk keinginan saya, saya hanya ingin sukses dikarir sebagai guru dan dalam rumah tangga sebagai istri yang baik.
Bangga
menjadi guru itu pasti, asyik menjadi guru itu pasti, menyenangkan menjadi
guru juga pasti, banyak hal yang
menyenangkan menjadi seorang guru. Menurut saya ada beberapa hal yang
menyenangkan menjadi guru:
- saya bisa berbagi ilmu yang bermanfaat. Sebagai guru saya bisa berbagi ilmu pengetahuan umum dan sebagai guru bahasa Indonesia saya bisa melatih mereka menulis, baik itu karya ilmiah maupun karya fiksi seperti pantun dan cerpen. Kadang sesekali sayapun berlaku seperti ustazah berbagi ilmu tentang agama yang menjadi bekal moral untuk kehidupan mereka.
- Selalu belajar, sebagai seorang guru harus punya skill untuk mentransfer ilmu kepada siswanya, sebagai seorang guru harus menguasai model-model pembelajaran, pendekatan, strategi, dan teknik yang baik dalam proses pembelajaran, model atau strategi yang digunakan harus sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran dan mempraktikannya secara berkesinambunagn di kelas sehingga pembelajaran di kelas bermakna.
- Pekerjaan tidak monoton, sebagai seorang guru saya berusaha menciptakan kondisi aktif di dalam kelas dengan mencoba berbagai model pembelajaran aktif, hal ini menjadi tantangan bagi saya untuk terus berinovasi dalam pembelajaran baik itu dalam strategi mengajar maupun membuat ice breaking di sela-sela pembelajaran sehingga pembelajaran tidak membosankan.
- Saya menjadi motivator untuk siswa saya, saya menceritakan pengalaman saya dalam belajar, seperti saya belajar bermain gitar di usia 40 tahun, belajar melukis di usia 45 tahun, bahwa belajar itu sepanjang hayat, dan saya belajar menulis di usia 49 tahun.
- Sebagai seorang guru saya juga menjadi teman berbagi dan teman bercanda untuk siswa saya.
- Inilah yang paling membahagiakan berprofesi seorang guru, libur panjang. Seorang guru mempunyai libur yang lebih lama daripada profesi lain. Guru mempunyai libur yang sama dengan siswanya. Saat penilaian akhir semester usai, siswa libur, gurupun libur.
Tahun 2021,
pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, karena virus covid 19 makin merebak di
mana-mana. Pembelajaran daring dilaksanakan melalui aplikasi WhatsApp dan google
classroom. Pembelajaran secara daring cukup memberi waktu luang buat saya, saya
memanfaatkan waktu luang tersebut dengan mengikuti beberapa pelatihan on line
dan membuat vidio pembelajaran. Kesibukan yang lainnya saya belajar menulis, saya bergabung di grup WhatsApp yang memandu kegiatan belajar menulis, alhamdulilah di bulan juni 2021 buku saya sudah terbit dengan judul “ Menulis
Mudah Penelitian Tindakan Kelas”
Di tahun 2020 pemerintah meluncurkan program sekolah penggerak, berkat usaha keras kepala sekolah, dipertengahan tahun 2021 sekolah kami lulus sebagai sekolah penggerak, saya dan 10 teman guru ditunjuk kepala sekolah untuk masuk dalam team komite pembelajar, yaitu team yang mengikuti pelatihan selama sepuluh hari untuk memperoleh Pemahaman yang sama tentang program sekolah penggerak, sampai pada tujuan yang diharapkan dalam sekolah penggerak. Dalam pelatihan Program Sekolah Penggerak komite pembelajar banyak sekali mendapatkan wawasan baru diantaranya:
1. Sekolah
penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa
secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila
yang mencakup kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) serta non kognitif
(karakter) yang diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).
2. Program Sekolah Penggerak adalah program
peningkatan kualitas di sekolah dengan interverensi menyeluruh baik kepada
kepala sekolah, pengawas, dan guru. Pemilihan Sekolah Penggerak dilakukan
melalui seleksi kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru. Pemilihan Sekolah
Penggerak dilakukan melalui seleksi kepala sekolah dan ditetapkan bersama
antara kemendikbud dan pemerintah daerah.
3. Pembelajaran
dengan paradikma baru adalah pembelajaran inttrakurikuler yang terdeferensiasi
yaitu konten akan lebih optimal agar siswa memiliki keleluasaan untuk memilih
berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan
kebutuhan belajar dan minat siswa. Proyek Kokurikuler lintas mata pelajaran
yang berorientasi pada pengembangan karakter dan kompetensi umum.
4. Program
sekolah penggerak adalah: (a) program yang melanjutkan, menguatkan
kurikulum sebelumnya, (b). dalam program sekolah penggerak pelajaran TIK
menjadi pembelajaran wajib, untuk keperluan tersebut pemerintah menyediakan
panduan untuk guru pemula untuk proses pembelajaran berbasis TIK, (c).
menguatkan kompetensi literasi dan numerasi, (d). Pembelajaran litas mata
pelajaran merupakan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu sebuah
pendekatan pembelajaran melalui proyek dengan sasaran utama dimensi Profil
Pelajar Pancasila. Selain itu siswa akan belajar menelaah tema-tema tertentu
yang menjadi prioritas setiap tahunnya. Sekolah perlu mengalokasikan waktu agar
guru bisa bekerja secara kolaboratif. kolaborasi akan menjadi kunci
keberhasilan sukses atau tidaknya suatu proyek. Dalam melaksanakan proyek
guru-guru harus berkolaborasi secara lintas ilmu untuk merencanakan,
memfalisitasi, dan menjalankan asesmen. Tema yang di usung dalam
pembelajaran lintas mapel yaitu Perubahan iklim global (gaya hidup
berkelnjutan), kearifan lokal, bhineka tunggal ika, bangunlah jiwa dan raganya, suara demokrasi, berekayasa dan berteknologi
untuk membangun NKRI dan kewirausahaan.
Dalam proyek pembelajaran lintas mapel sekolah menunjuk saya sebagai koordinator. Sayapun berusaha mempelajari lebih dalam pembelajaran proyek lintas mapel. Dalam pembelajaran projek litas mapel saya membuat perencanaan/langkah-langkah proyek sebagai berikut:
1. Merencanakan
kegiatan proyek lintas mapel (memilih tema) untuk tahun pelajaran 2021-2022, sekolah kami memutuskan untuk mengambil
tiga tema yaitu: Perubahan Iklim Global (Gaya Hidup Berkelanjutan), Suara
Demokrasi , dan Kewirausahaan.
2. Membuat jadwal kegiatan
3. Membuat modul
kegiatan proyek lintas mapel.
4. Melaksanakan kegiatan kegiatan sesuai tema dan jadwal yang dipilih
5. Refleksi dan evaluasi kegiatan, yaitu menguatkan keberhasilan pada kegiatan proyek dan mencari solusi pada kendala-kendala yang terjadi pada kegiatan proyek.
Beberapa point tersebut adalah awal yang saya lakukan dalam masa pandemi dan sekolah penggerak di tahun 2021.
Tak terasa roda waktu berputar sesuai rotasi perputarannya, dari Januari, Februari sampai penghujung tahun yaitu bulan Desember 2021. Desember adalah bulan yang dinantikan bagi kaum nasrani untuk merayakan natal. Dan bagi sebagian manusia bulan Desember adalah bulan untuk merefleksi diri, untuk mengevaluasi apa saja yang sudah dilakukan dari awal tahun sampai akhir tahun, dengan harapan di tahun mendatang yaitu 2022 segala sesuatunya lebih baik lagi.
Dipenghujung tahun 2021 saya bertemu Om Jay di dunia maya, saya dikenalkan dengan aplikasi blogger, dan menurut saya aplikasi ini sangat bermanfaat sebagai wadah untuk menulis. Ada harapan saya di tahun 2022, saya ingin mengajak siswa saya untuk menulis di blogger, ini menjadi energi positif untuk mengenalkan siswa saya pada dunia blogger. Mengenalkan dunia blogger adalah salah satu upaya agar siswa menguasai salah satu literasi digital. Semoga di tahun 2022 membawa perubahan yang lebih baik. Sebagai guru Bahasa Indonesia mengenal blogger merupakan terobosan baru sebagai wadah kegiatan menulis bagi para siswa. Pada materi menulis, siswa bisa menuangkan tulisannya di blogger. Untuk merealisasikan harapan tersebut yang saya lakukan adalah sebagai berikut:
1. Memotivasi siswa menulis sesuai dengan kemampuannya dan mengenalkan dunia blogger
2. Membuat WhatsApp Grup untuk kegiatan menulis di blogger
3. Mengundang siswa untuk bergabung di WhatsApp Grup
4. Membuat kegiatan menulis
Semoga tahun 2022 mimpi indah saya mengajak siswa menulis di blogger dapat terealisasi dan mimpi indah guru-guru SMP Negeri I Kalirejo Lampung Tengah untuk menyukseskan sekolah pengerak juga terealisasi.#SATUGURU
Vidio tersebut adalah vidio kegiatan sekolah penggerak.
14 Komentar:
Keren sekali bu tulisan blogernya.
Terima kasih sudah berbagi informasi dan ilmunya
Terimakasih Bu Fatonah🙏❤
👍... membuka wawasan betapa sangat bermanfaat yg namanya Pnddkan utk mengubah dunia, mulai dr diri sendiri akan mencapai apa yg diharapkan....💪 Utk kdpan yg lebih baik....bu...🙏
Terimakasih Bu🙏❤
Keren sekali ibu, luar biasa 👍👍😍😍
Terimakasih Bu Wiji
Salam Satu Guru🙏❤
Aamiin. Semangat terus untuk bergerak, Ibu.
semangat bu tulisannya menginspirasi ��
Terimakasih Bu Rosmi...🙏
Sangat menginspirasi👍
Terimakasih Bu Iin...🙏❤
Bagus bu.....
Terimakasih 🙏❤
Terus berkarya bu...
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda