Kamis, 23 Desember 2021

Refleksi Guru 2021 Menuju Resolusi 2022.

 




Siti Rohani, S.Pd. M.M.

Guru SMP Negeri I Kalirejo Lampung Tengah 

Provinsi Lampung

Refleksi Guru 2021 Menuju Resolusi 2022.

Mengenalkan dunia Blogger di Sekolah Penggerak

Profesi sebagai guru  adalah pilihan pekerjaan terbaik bagi saya, faktor utamanya adalah saya bisa mengatur waktu untuk berbagi antara pekerjaan sebagai guru dan sebagai ibu rumah tangga, saya ingin kedua-duanya berjalan seiring sejalan, tidak muluk-muluk keinginan saya, saya hanya ingin sukses dikarir  sebagai guru dan dalam rumah tangga sebagai istri yang baik.

Bangga menjadi guru itu pasti, asyik menjadi guru itu pasti, menyenangkan menjadi guru juga pasti, banyak hal yang menyenangkan  menjadi seorang guru. Menurut saya ada beberapa hal yang menyenangkan menjadi guru:

  1. saya bisa berbagi ilmu yang bermanfaat. Sebagai guru saya bisa berbagi ilmu pengetahuan umum dan sebagai guru bahasa Indonesia saya bisa melatih mereka menulis, baik itu karya ilmiah maupun karya fiksi seperti pantun dan cerpen. Kadang sesekali sayapun berlaku seperti ustazah berbagi ilmu tentang agama yang menjadi bekal moral untuk kehidupan mereka.
  2. Selalu belajar, sebagai seorang guru harus punya skill untuk mentransfer ilmu kepada siswanya, sebagai seorang guru harus menguasai model-model pembelajaran, pendekatan, strategi, dan teknik yang baik dalam proses pembelajaran, model atau strategi yang digunakan harus  sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran dan mempraktikannya secara berkesinambunagn di kelas sehingga pembelajaran di kelas bermakna.
  3. Pekerjaan tidak monoton, sebagai seorang guru saya berusaha menciptakan kondisi aktif di dalam kelas dengan mencoba berbagai model pembelajaran aktif, hal ini menjadi tantangan bagi saya untuk terus berinovasi dalam pembelajaran baik itu dalam strategi mengajar maupun membuat  ice breaking di sela-sela pembelajaran sehingga pembelajaran tidak membosankan.
  4. Saya menjadi motivator untuk siswa saya, saya menceritakan pengalaman saya dalam belajar, seperti saya belajar bermain gitar  di usia 40 tahun, belajar melukis di usia 45 tahun, bahwa belajar itu sepanjang hayat, dan saya belajar menulis di usia 49 tahun.
  5. Sebagai seorang guru saya juga menjadi teman berbagi dan teman bercanda untuk siswa saya.
  6. Inilah yang paling membahagiakan berprofesi seorang guru, libur panjang. Seorang guru mempunyai libur yang lebih lama daripada profesi lain. Guru mempunyai libur yang sama dengan siswanya. Saat penilaian akhir semester usai, siswa libur, gurupun libur.  

Tahun  2021, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, karena virus covid 19 makin merebak di mana-mana. Pembelajaran daring dilaksanakan melalui aplikasi WhatsApp dan google classroom. Pembelajaran secara daring cukup memberi waktu luang buat saya, saya memanfaatkan waktu luang tersebut dengan mengikuti beberapa pelatihan on line dan membuat vidio pembelajaran. Kesibukan yang lainnya saya belajar menulis, saya bergabung di grup WhatsApp yang memandu kegiatan belajar menulis, alhamdulilah di bulan juni 2021 buku saya sudah terbit dengan judul “ Menulis Mudah Penelitian Tindakan Kelas”

Di tahun 2020 pemerintah meluncurkan program sekolah penggerak, berkat usaha keras kepala sekolah, dipertengahan tahun 2021 sekolah kami lulus sebagai sekolah penggerak, saya dan 10 teman guru ditunjuk kepala sekolah untuk masuk dalam team komite pembelajar, yaitu team yang mengikuti pelatihan selama sepuluh hari untuk memperoleh Pemahaman yang sama tentang program sekolah penggerak, sampai pada tujuan yang diharapkan dalam sekolah penggerak. Dalam pelatihan Program Sekolah Penggerak komite pembelajar banyak sekali mendapatkan wawasan baru diantaranya: 

1.   Sekolah penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik      dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) serta non kognitif (karakter) yang diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

2.    Program Sekolah Penggerak adalah program peningkatan kualitas di sekolah dengan interverensi menyeluruh baik kepada kepala sekolah, pengawas, dan guru. Pemilihan Sekolah Penggerak dilakukan melalui seleksi kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru. Pemilihan Sekolah Penggerak dilakukan melalui seleksi kepala sekolah dan ditetapkan bersama antara kemendikbud dan pemerintah daerah.

3.   Pembelajaran dengan paradikma baru adalah pembelajaran inttrakurikuler yang terdeferensiasi yaitu konten akan lebih optimal agar siswa memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat siswa. Proyek Kokurikuler lintas mata pelajaran yang berorientasi pada pengembangan karakter dan kompetensi umum.

4.   Program sekolah penggerak adalah: (a) program yang  melanjutkan, menguatkan kurikulum sebelumnya, (b). dalam program sekolah penggerak pelajaran TIK menjadi pembelajaran wajib, untuk keperluan tersebut pemerintah menyediakan panduan untuk guru pemula untuk proses pembelajaran berbasis TIK, (c). menguatkan kompetensi literasi dan numerasi, (d). Pembelajaran litas mata pelajaran merupakan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu sebuah pendekatan pembelajaran melalui proyek dengan sasaran utama dimensi Profil Pelajar Pancasila. Selain itu siswa akan belajar menelaah tema-tema tertentu yang menjadi prioritas setiap tahunnya. Sekolah perlu mengalokasikan waktu agar guru bisa bekerja secara kolaboratif. kolaborasi akan menjadi kunci keberhasilan sukses atau tidaknya suatu proyek. Dalam melaksanakan proyek guru-guru harus berkolaborasi secara lintas ilmu untuk merencanakan, memfalisitasi, dan menjalankan asesmen. Tema yang di usung dalam pembelajaran lintas mapel yaitu Perubahan iklim global (gaya hidup berkelnjutan), kearifan lokal, bhineka tunggal ika, bangunlah jiwa dan raganya, suara demokrasi, berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI dan kewirausahaan.

Dalam proyek pembelajaran lintas mapel sekolah menunjuk saya sebagai koordinator. Sayapun berusaha mempelajari lebih dalam pembelajaran proyek lintas mapel. Dalam pembelajaran  projek litas mapel saya  membuat perencanaan/langkah-langkah  proyek sebagai berikut:

1.  Merencanakan kegiatan proyek lintas mapel (memilih tema)  untuk tahun pelajaran 2021-2022, sekolah kami memutuskan untuk mengambil tiga tema yaitu: Perubahan Iklim Global (Gaya Hidup Berkelanjutan), Suara Demokrasi , dan Kewirausahaan.

2.  Membuat jadwal kegiatan

3.  Membuat modul kegiatan proyek lintas mapel.

4.  Melaksanakan kegiatan kegiatan sesuai tema dan jadwal yang dipilih

5.  Refleksi dan evaluasi kegiatan, yaitu menguatkan keberhasilan pada kegiatan proyek dan mencari solusi pada kendala-kendala yang terjadi pada kegiatan proyek.

Beberapa point tersebut adalah  awal yang saya lakukan dalam masa pandemi dan sekolah penggerak di tahun 2021.

Tak terasa roda waktu berputar sesuai rotasi perputarannya, dari Januari, Februari sampai penghujung tahun yaitu bulan Desember 2021. Desember adalah bulan yang dinantikan bagi kaum nasrani untuk merayakan natal. Dan bagi sebagian manusia bulan Desember adalah bulan untuk merefleksi diri, untuk mengevaluasi apa saja yang sudah dilakukan dari awal tahun sampai akhir tahun,  dengan harapan di tahun mendatang yaitu 2022 segala sesuatunya lebih baik lagi.

Dipenghujung  tahun 2021 saya bertemu Om Jay di dunia maya, saya dikenalkan dengan aplikasi blogger, dan menurut saya aplikasi ini sangat bermanfaat sebagai wadah untuk menulis. Ada harapan saya di tahun 2022, saya ingin mengajak siswa saya untuk menulis di blogger, ini menjadi energi positif untuk mengenalkan siswa saya pada dunia blogger. Mengenalkan dunia blogger adalah salah satu upaya agar  siswa menguasai salah satu literasi digital. Semoga  di tahun 2022 membawa perubahan yang lebih baik. Sebagai guru Bahasa Indonesia mengenal blogger merupakan terobosan baru sebagai wadah kegiatan menulis bagi para siswa. Pada materi menulis, siswa bisa menuangkan tulisannya di blogger. Untuk merealisasikan harapan  tersebut yang saya lakukan adalah sebagai berikut:

1. Memotivasi siswa menulis sesuai dengan kemampuannya dan mengenalkan dunia blogger

2. Membuat WhatsApp Grup untuk kegiatan menulis di blogger

3. Mengundang siswa untuk bergabung di WhatsApp Grup

4. Membuat kegiatan menulis

Semoga tahun 2022  mimpi indah saya mengajak siswa menulis di blogger dapat terealisasi dan mimpi indah guru-guru SMP Negeri I Kalirejo Lampung Tengah untuk menyukseskan sekolah pengerak juga terealisasi.#SATUGURU


 

 


Vidio tersebut adalah vidio kegiatan sekolah penggerak.


14 Komentar:

Pada 24 Desember 2021 pukul 08.19 , Blogger SITI NURFATONAH mengatakan...

Keren sekali bu tulisan blogernya.
Terima kasih sudah berbagi informasi dan ilmunya

 
Pada 24 Desember 2021 pukul 13.28 , Blogger Siti rohani mengatakan...

Terimakasih Bu Fatonah🙏❤

 
Pada 24 Desember 2021 pukul 13.54 , Blogger Unknown mengatakan...

👍... membuka wawasan betapa sangat bermanfaat yg namanya Pnddkan utk mengubah dunia, mulai dr diri sendiri akan mencapai apa yg diharapkan....💪 Utk kdpan yg lebih baik....bu...🙏

 
Pada 24 Desember 2021 pukul 15.13 , Blogger Siti rohani mengatakan...

Terimakasih Bu🙏❤

 
Pada 24 Desember 2021 pukul 17.49 , Blogger Wiji Handayani mengatakan...

Keren sekali ibu, luar biasa 👍👍😍😍

 
Pada 24 Desember 2021 pukul 18.43 , Blogger Siti rohani mengatakan...

Terimakasih Bu Wiji
Salam Satu Guru🙏❤

 
Pada 25 Desember 2021 pukul 04.12 , Blogger Rosminiyati mengatakan...

Aamiin. Semangat terus untuk bergerak, Ibu.

 
Pada 25 Desember 2021 pukul 04.17 , Blogger virginnn mengatakan...

semangat bu tulisannya menginspirasi ��

 
Pada 25 Desember 2021 pukul 05.39 , Blogger Siti rohani mengatakan...

Terimakasih Bu Rosmi...🙏

 
Pada 25 Desember 2021 pukul 06.59 , Blogger Iin Handayani, S.Pd mengatakan...

Sangat menginspirasi👍

 
Pada 25 Desember 2021 pukul 12.59 , Blogger Siti rohani mengatakan...

Terimakasih Bu Iin...🙏❤

 
Pada 5 Januari 2022 pukul 05.47 , Blogger Unknown mengatakan...

Bagus bu.....

 
Pada 5 Januari 2022 pukul 18.57 , Blogger Siti rohani mengatakan...

Terimakasih 🙏❤

 
Pada 5 Februari 2022 pukul 16.21 , Blogger Unknown mengatakan...

Terus berkarya bu...

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda