Senin, 27 Desember 2021

SMP NEGERI I KALIREJO UNGGUL DAN TERUS BERGERAK MAJU


SMP NEGERI I KALIREJO UNGGUL DAN  TERUS BERGERAK MAJU

"Keselarasan  prestasi akademik dan non akademik serta pembiasaan baik, menciptakan lulusan yang berkarakter terpuji dan inovatif"

SMP Negeri 1 Kalirejo adalah salah satu sekolah yang berada di wilayah  Kabupaten Lampung Tengah, tepatnya di ujung barat laut yang berjarak sekitar 60 km  dari Gunungsugih kota kabupaten Lampung Tengah. SMP Negeri 1 Kalirejo lokasinya berada di Desa Kaliwungu Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah, dengan alamat di Jalan Ki. Hajar Dewantara No. 1 Kaliwungu Kalirejo, sekitar 2 Km dari Kota Kecamatan.

SMP Negeri I Kalirejo Lampung Tengah merupakan sekolah terfavorit di wilayah Kecamatan Kalirejo dan sekitarnya. Kepala Sekolah di SMP Negeri I Kalirejo selalu berinovasi dalam rangka pengembangan sekolah unggul di prestasi akademik dan non akademik. SMP Negeri I Kalirejo Memiliki beberapa program unggulan sebagai upaya untuk mengembangkan dan memajukan sekolah, di dukung dengan kecemerlangan kepala sekolah dalam merumuskan inovasi-inovasi sekolah di berbagai bidang, sehingga sekolah diharapkan mampu membawa sekolah menuju sekolah unggul baik secara kualitas dan kuantitas.

       Prestasi akademik adalah suatu pencapaian yang diperoleh dari hasil belajar seseorang dalam jangka waktu tertentu berupa pemahaman, daya analisis dan evaluasi yang dinyatakan dalam bentuk angka atau simbol tertentu melalui penilaian yang dilakukan secara langsung oleh guru atau menggunakan tes yang di lakukan. Penilaian presasi akademik berfungsi untuk mengetahui kesiapan peserta didik dalam proses belajarnya dan penilaian ini berfungsi untuk memantau proses belajar dan kemajuan serta perbaikan hasil belajar siswa secara berkesinambungan. Prestasi akademik yang pernah di peroleh antara lain: (1) Juara menulis cerpen Tingkat Nasional, (2) Juara lomba IPS Tingkat Nasional (3) Lomba Sains Tingkat Provinsi

Tidak semua peserta didik memiliki keunggulan akademis karena ada juga yang justru menonjol di bidang seni dan olahraga. Sedangkan kegiatan non akademik di sekolah biasa disebut dengan kegiatan ekstrakulikuler. Yakni kegiatan diluar materi pelajaran wajib sekolah. Prestasi non  akademik yang pernah di raih SMP Negeri I kalirejo antara lain: juara kegiatan keagamaan (Membaca Al-Quran, Kaligrafi tulisan Arab, Pidato keagamaan dan hadroh), Pidato Bahasa inggris, Story telling, menulis dan membaca puisi tingkat kabupaten , Juara Bulu Tangkis tingkat kabupaten.

 Selain prestasi akademik dan non akademik sekolah juga memiliki keunggulan beberapa fasilitas dan pembiasaan positif diantaranya:  

A.   Sarana yang memadai

Fasilitas yang tersedia di sekolah merupakan salah satu indikator sekolah unggulan. Ini dikarenakan keberadaan fasilitas tersebut akan menunjang proses pembelajaran menjadi lebih optimal. Fasilitas yang tersedia di sekolah kami yaitu:

1.   Ruang kelas yang memadai, Siswa SMP negeri 1 Kalirejo Lampung Tengah berjumlah 750 siswa, sekolah berusaha menata ruang kelas dengan baik, dengan ventilasi udara yang memadai sehingga proses pembelajaraan optimal

2.  Lapangan olahraga, lapangan yang tersedia adalah lapangan basket dan Bulu tangkis serta Lompat jauh

3. Laboratorium, yaitu Laboratorium  Praktikum IPA, Laboratorium Praktikum IPA sudah ada sejak tahun 1990, peralatan praktikum sudah  lengkap, ada beberapa mikroskop dan alat percobaan-percobaan sederhana

4. Komputer Multi Media, Media pembelajaran sudah memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada untuk pemahaman materi pembelajaran

5.   Ruang ibadah, sekolah kami memiliki ruang ibadah yang luas yang mampu menampung 300 sd 400 siswa.

6. Perpustakaan, Fasilitas Perpustakaan cukup memadai, perpustakaan merupakan sarana yang penting untuk meningkatkan mutu pendidikan.  Dengan perpustakaaan yang memadai siswa dan guru lebih mudah mencari data atau informasi serta menambah wawasan yang luas. Perpustakaan dengan luas 6 X 10 M dan  menyediakan banyak buku seperti: buku pelajaran, buku pengetahauan umum tentang sains, dan buku Sastra.

7.     Ruang UKS

      Tujuan diadakan  UKS di sekolah adalah

ยท untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada siswa dan menciptakan     lingkungan yang bersih dan sehat di sekitar sekolah kita,

ยท       supaya siswa belajar pentingnya kebersihan dan menjaga kesehatan.

Ruang UKS sudah memiliki kelayakan dan kelengkapan yang memadai, sekolah menyediakan obat-obatan, tempat istirahat, timbangan, tempat cuci tangan sehingga bila ada anak yang sakit dapat langsung di tangani.

9.  Ruang Rapat/Aula. Aula adalah salah satu ruang yang sangat penting di sebuah instansi pendidikan atau sekolah. Aula selain bisa digunakan untuk ruang rapat atau ruang pertemuan juga bisa digunakan sebagai lapangan olah raga indoor, pentas seni dan lain sebagainya. Gedung aula SMP Negeri I Kalirejo ini dapat menampung 500 siswa.

10.Ruang Prakaraya Ruang prakarya disediakan untuk melatih berbagai ketrampilan siswa seperti membuat buket bunga, karya dari barang bekas, papan bunga dan untuk menyimpan hasil karya siswa

11.Kantin Sekolah, sekolah menyediakan 10 ruang minimalis kantin sekolah, di adakan kantin sekolah supaya sekolah dapat memantau jajanan yang sehat yang dijual.

12.Tempat Parkir guru dan siswa, sekolah juga menyediakan lahan parkir yang bisa menampung semua kendaraan siswa, dan kendaraan parkir guru.

13.Kebun Kelas dan Hidroponik, SMP Negeri I Kalirejo memiliki kebun kelas, tujuan kegiatan kebun kelasadalah untuk  mengurangi emisi karbon di sekitar sekolah, kegiatan kebun kelas yang dilakukan adalah menanam sayuran yaitu terong dan bunga kol serta cabai, dengan kegiatan kebun kelas ini siswa juga  belajar (1) literasi sains yaitu tentang bagaimana terjadinya prubahan iklim global dan bagaimana kontribusi siswa untuk berperan aktif menjaga perubahan iklim global, (2) literasi finansial yaitu pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman tentang konsep dan resiko, ketrampilan  agar dapat membuat keputusan yang efektif dalam konteks finansial untuk meningkatkan kesejahtraan finansial, baik individu maupun sosial dan berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat. Dalam belajar literasi finansial ini siswa belajar mengelola keuangan yaitu pemasukan dan pengeluaran yang seimbang. (3) Literasi digital yaitu penggunaan perangkat teknologi, informasi dan komunikasi dalam mengakses, mengaryakan, hingga mendistribusikan informasi. Literasi dapat diartikan sebagai pemahaman dan keterampilan menulis, membaca, berhitung dan lainnya. Contoh literasi digital dalam kegiatan kebun kelas adalah bagaimana mengemas hasil kebun kelas dan membuat iklan secara menarik.

14.Drumband, sekolah juga memiliki grup drumband untuk memeriahkan event-event kegiatan di sekolah dan luar sekolah

15. Finger print, untuk presensi  siswa dan guru

16. CCTV untuk memantau kondisi lingkungan sekolah dan aktivitas siswa dan guru di dalam kelas.

Fasilitas-fasilitas yang ada bisa digunakan oleh semua siswa yang ingin mengembangkan potensi yang dimiliki. Fasilitas-fasilitas tersebut juga dirawat dengan baik sehingga kebersihannya selalu terjaga dengan baik.  

B. Kualiatas Guru

Karakteristik sekolah unggulan selanjutnya yaitu memiliki tenaga pengajar atau guru yang berkualitas. Setiap tahun sekolah kami mengadakan workshop untuk peningkatan kemampuan mengajar guru, dan sekolah memfalitasi semua guru untuk aktif MGMP Kabupaten sehingga para guru tidak tertinggal info aktual dalam dunia pendidikan dan menambah kualitas guru dalam proses pembelajaran. kepala sekolah selalu mengimbau para guru agar menciptakan inovasi strategi pembelajaran yang dilaksanakannya. Adapun model yang bisa lakukan dengan membentuk team teaching, guru bidang studi, class grouping, rotation class, bimbingan ujian nasional, penggunaan berbagai strategi pembelajaran 

         C. Kualitas lulusan

Alumni banyak di terima di Sekolah Menengah Atas yang bagus dan Alumninya banyak yang sukses, sebaran alumni banyak diterima di perguruan tinggi mana saja. Mayoritas kuliah di perguruan swasta atau negeri. Kualitas lulusan memberi dampak baik  kepada sekolah seperti memberi gambaran tentang keberhasilan dan inspirasi untuk para siswa.

       D. Kurikulum yang digunakan

Kurikulum merupakan kumpulan, rencana, tujuan, materi pembelajaran dan juga cara mengajar yang digunakan. Kurikulum yang dipilih akan digunakan sebagai pedoman para pengajar atau guru untuk mencapai tujuan akhir pembelajaran. Sedangkan konsep sekolah unggulan yaitu memiliki tujuan untuk tercapainya kesuksesan belajar. Adapun komponen dari kurikulum adalah tujuan kurikulum, materi kurikulum, strategi pembelajaran, organisasi kurikulum dan evaluasi.

Setiap sekolah bisa saja memiliki kurikulum yang berbeda-beda. SMP Negeri I kalirejo selalu mengikuti Kurikulum yang dicanangkan oleh pemerintah, berkat usaha keras Kepala Sekolah pertengahan Tahun 2021 SMP Negeri I Kalirejo lulus sebagai sekolah penggerak. Untuk kelas 7, menggunakan kurikulum sekolah penggerak sedangkan kelas 8 dan 9 menggunakan kurikulum K 13 darurat 

 

       E. Lingkungan yang kondusif

Sekolah memiliki lingkungan belajar yang kondusif, supaya pertumbuhan dan perkembangan siswa menjadi lebih efektif dan efisien sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan optimal. Untuk membangun lingkungan yang kondusif seperti menata ruang kelas belajar, menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan, komunikasi dan hubungan sosial terjalin dengan baik, dan menjadi guru yang menyenangkan. 

      F. Pembiasaan Positif

Pembiasaan positif yang dikembangkan dilingkungan SMP Negeri I Kalirejo adalah:

1. Senyum, Salam, Sapa, pembiasaan ini dilakukan untuk mengakrabkan kekeluargaan di SMP Negeri I Kalirejo Lampung Tengah.

2.   Bersalaman setiap pagi di pintu gerbang guru piket dan management sekolah    menyongsong kedatangan murid dan bersalaman.

3.  Sebelum memulai pelajaran Membaca surat pendek dan dzikir pagi bagi yang beragama islam, dan bagi yang beragama selain islam masuk ke kelas agama untuk berdoa sesuai agama yang di anut.

4.     Literasi, secara terjadwal siswa diwajibkan membaca buku diperpustakaan.

         a.       Strategi Literasi: (1)Membaca Skimming dan scanning (membaca                     Cepat), (2) Think Aloud (berpikir nyaring), (3)Mengeksplorasi teks,                 (4) Mengkatagorikan informasi, (5) Memprediksi, (6) Menggunakan                 pengatur grafis, (7) Mengajukan pertanyaan, (8) Analisis, (9) Mencari              kata kunci/konsep, (10) Tahu โ€“ Ingin โ€“ Pelajari (T-I-P)

b.    Tujuan ketika membaca: Mempelajari informasi baru, memonitor
pemahaman mandiri, mengingat informasi yang sudah diketahui, mempelajari kosa kata baru

Strategi literasi: (1) memvisualisasi informasi, (2) Menggunakan pengatur grafik, (3) Mencatat kata kunci, (4) mengajukan pertanyaan, (5) menggunakan petunjuk konteks.

c.       Ada tiga Tujuan Setelah membaca.

Tujuan setelah membaca 1: (1) mendorong keterkaitan dengan teks dan isu-isu lain, (2) memperdalam pengetahuan siswa tentang materi dan pengalaman baru.

Strategi literasi: (1) membaca kembali, (2) bepikir nyaring, (3) mengonfirmasi prediksi yang dilakukan di awal pembelajaran, (4) mengajukan pertanyaan, (5) membuat keterkaitan antar teks, dengan diri sendiri, dengan isu-isu masyarakat dan dunia.

Tujuan setelah membaca 2: (1) mendorong keterkaitan dengan teks dan isu-isu lain, (2) memperdalam pengetahuan siswa tentang materi dan pengalaman baru.

Strategi Literasi: (1) memvisualisasikan dengan respon sensorik, (2) melakuakan refleksi melalui berbicara, menulis, menggambar, music, dan gerak.

Tujuan setelah membaca 3: (1) mendorong keterkaitan dengan teks dan isu-isu lain, (2) memperdalam pengetahuan siswa tentang materi dan pengalaman baru.

               Strategi Literasi: (1) mencari informasi yang tersirat (inferensi)                       perbandingan, sebab akibat, gagasan utama. (2). Membuat ringkasan. 

 

5. Sholat Dhuha, guru memberikan kesempatan untuk sholat duha, dilakukan      selesai dzikir pagi atau pada saat istrirahat pertama pukul 09.45 -10.00 WIB,     dan sholat dzuhur berjamaah dibagi dua sif, yaitu sif putri dan sif putra.

 6. Jumat berkah dan Istighosah Jumat. Dilakukan dengan memberikan infak seiklasnya dan remaja putri melaksanakan istighosah, sedangakan remaja putra melaksanakan sholat Jumat .

Demikian beberapa unggulan yang ada di SMP Negeri I Kalirejo, baik keunggulan fasilitas dan pembiasaan baik yang dilakukan siswa sebagai bekal menjadi manusia yang berkarakter terpuji dan inovatif.

 

Profil Penulis
Siti Rohani, S.Pd.M.M
Guru SMP Negeri I Kalirejo
Lampung Tengah
Provinsi Lampung                        

     


9 Komentar:

Pada 28 Desember 2021 pukul 14.41 , Blogger Unknown mengatakan...

Masyallah..luar biasa Bu Siti Rohani
๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ‘๐Ÿ‘

 
Pada 28 Desember 2021 pukul 14.59 , Blogger Siti rohani mengatakan...

Terimakasih Bu๐Ÿ™โค

 
Pada 29 Desember 2021 pukul 16.12 , Blogger Unknown mengatakan...

Waaoow...sekolahannya tempat bu Siti Rohani maju buuangeert....kereeen n mantaap..๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
Semangat bu....semoga tambah sukses lqgi ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

 
Pada 29 Desember 2021 pukul 17.58 , Blogger Siti rohani mengatakan...

Terimakasih Bu....๐Ÿ™๐Ÿ™โค

 
Pada 30 Desember 2021 pukul 02.34 , Blogger Unknown mengatakan...

Kereeen Bu Siti rohani... ๐Ÿ˜˜Semoga sukses sll โค๏ธโค๏ธโค๏ธ

 
Pada 30 Desember 2021 pukul 02.59 , Blogger Siti rohani mengatakan...

Terimakasih mba..๐Ÿ™โค

 
Pada 30 Desember 2021 pukul 03.28 , Blogger Tri suhartiningsihbog.com mengatakan...

Keren Bu Siti Rohani....
Semangat,kita maju bersama mdh2n sekolah kita berjaya Aamiin...

 
Pada 30 Desember 2021 pukul 04.02 , Blogger Siti rohani mengatakan...

Terimakasih Bu๐Ÿ™โค

 
Pada 5 Februari 2022 pukul 16.22 , Blogger Unknown mengatakan...

Terus berkarya. Semangat bu..

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda