RENCANA PEMBELAJARAN LINTAS MAPEL SMP NEGERI I KALIREJO LAMPUNG TENGAH
RANCANA KEGIATAN PROYEK LINTAS MAPEL
UPTD
SATUAN PENDIDIKAN
SMP
NEGERI I KALIREJO
LAMPUNG
TENGAH
DISUSUN
OLEH
SITI
ROHANI, S.Pd.M.M
SMP
NEGERI I KALIREJO
LAMPUNG
TENGAH
Tahun
2021 - 2022
PROYEK
PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Proyek penguatan profil
Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas didiplin ilmu untuk mengamati dan
mrmikirkan solusi terhadap permasalahan yang ada di sekitarnya. Proyek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila menggunakan Pendekatan pembelajaran berbasis
Proyek (Proyek Base learning), yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek
dalam program intrakurikuler di dalam kelas.
Pembelajaran berbasis proyek sangat penting untuk
pengembangan karakter siswa karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk
belajar melalui pengalaman (experiental learning). Mereka mengalami sendiri
bagaimana bertoleransi, bekerja sama, saling menjaga, dan lain-lain, juga
mengintegrasikan kompetensi esensial dari berbagai disiplin ilmu.
1.
SUARA
DEMOKRASI
Suara Demokrasi merupakan pembelajaran berbasis proyek berupa
pemilihan dan pembentukan pengurus OSIS baru. Tujuan proyek ini adalah
terbentuknya susunan OSIS yang baru dengan berdasarkan pada proses demokrasi
yang berlangsung di sekolah sebagai bagian dari Profil Pelajar Pancasila.
OSIS dibentuk dengan tujuan pokok : Menghimpun ide,
pemikiran, bakat kreativitas serta minat para siswa kedalam salah satu wadah
yang bebas, dari berbagai pengaruh negative dari luar sekolah. Mendorong sikap,
jiwa dan semangat kesatuan dan persatuan di antara para siswa sehingga timbul
satu kebanggaan untuk mendukung peran sekolah sebagai tempat proses belajar
mengajar. Sebagai tempat, dan sarana untuk berkomunikasi, menyampaikan pikiran
dan gagasan dalam usaha untuk lebih mematangkan kemampuan berfikir, wawasan dan
pengambilan keputusan, melatih kepemimpinan, belajar berorganisasi,
mengemukakan pendapat dan belajar menghormati pendapat orang lain.
RencanaPelaksanaan pemilihan Pengurus OSIS akan di
laksanakan minggu kedua bulan September tahun 2021 yang akan dilaksanakan oleh
seluruh warga sekolah. Kandidat ketua OSIS adalah kelas VII dan VIII.
Penanggung Jawab Kegiatan Guru Pembina OSIS
Jenjang :
SMP
Kelas :
VII
Mata Pelajaran :
Semua Guru Mata Pelajaran
Tema Projek :
Suara Demokrasi ( Pemilihan Pengurus OSIS )
Nilai-Nilai : Gotong royong, bernalar
kritis, berkebinekaan global
Waktu :
Minggu kedua Bulan Oktober 2021
Deskripsi Projek :
Siswa membuat
perencanaan, melaksanakan dan membuat pelaporan pemilihan
pengurus
OSIS.
Tahap
Perencanaan
RencanaPelaksanaan pemilihan Pengurus OSIS akan di
laksanakan minggu kedua bulan Oktober tahun 2021 yang akan dilaksanakan oleh
seluruh warga sekolah. Kandidat ketua OSIS adalah kelas VII dan VIII. Pembina
dan Pengurus OSIS lama mempersiapakn sarana dan prasana yang dibutuhkan pada
saat pemilihan.Setiap kelas mengutus ketua kelas dan wakil ketua kelas sebagai
kandidat pengurus OSIS, Setiap kandidat menyampaikan secara lisan visi dan misi
di depan seluruh warga sekolah.
Pembina OSIS
bersama beberapa dewan guru yang di tunjuk untuk melakukan seleksi dan
menentukan 3 pasang kandidat yang di angggap terbaik.
Tahap
Pelaksanaan
Semua warga sekolah berhak berpartisipasi memilih
salah satu dari tiga pasang kandidat sebagai ketua dan wakil ketua OSIS. Tehnik
pelaksanaan semua warga sekolah di beri kertas berupa foto 3 pasang kandidat
dan memilihsatu pasang kandidat yang mereka kehendaki.
Tugas :
Secara berkelompok peserta didik membuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
pesta demokrasi sekolah.
Pelaporan :
1. Video
2. Publikasi Laporan Tertulis
3. Dokumentasi Photo
2. PERUBAHAN IKLIM GLOBAL
Salah
satu penyebab perubahan iklim ialah banyaknya kadar karbon dioksida di udara. Pohon bisa menyerap karbon dioksida secara signifikan dan
melepas oksigen ke udara. Sehingga, dapat mencegah terjadinya perubahan iklim
dan membantu kita bertahan hidup’
Tanaman obat dan sayuran
merupakan media pembelajaran kontekstual
dan
merupakan aksi nyata untuk ikut serta melindungi bumi dari pengaruh perubahan
iklim global serta menumbuh
kembangkan sikap dan prilaku anak agar mereka lebih kreatif, inovatif dan
kompetitif, mencintai lingkungan sekitar serta mendekatkan diri kepada Sang
Pencipta.
Pengalaman belajar di sekolah sebelumnya lebih bersifat
tekstual daripada pembelajaran secara praktis,model pembelajaran yang
memisahkan konsep dengan realitas kehidupan seharai-hari.
Persoalan diatas merupalan persoalan yang sering muncul
karena orientasi pembelajaran yang dilakukan guru sering tidak mendekatkan
siswa dengan lingkungan secara langsung, suatu pola pembelajaran yang
mendominasi guru tanpa mempertimbangkan latar belakang, pengalaman, dan
lingkungan sekitar siswa hanya berfungsi sebagai obyek,tanpa mampu
mengembangkan diri,dan lingkungan sebagai sumber belajar.
Penanggung
Jawab Kegiatan : Koordinator TIM Kebun Kelas
Jenjang : SMP
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Semua Guru Mata Pelajaran
Tema Projek : Perubahan
Iklim
Global
Sub
Tema : Kebun Kelas
(KEKEL)
Waktu : 4 Bulan ( Agustus-November) di semester 1
Bulan Januari sd Mei di semester 2
Nilai-Nilai : Mandiri, kreatif, gotong
royong
Deskripsi Projek :
Nomor |
Program |
Rencana Aksi |
Tujuan |
|
Kampanye Lingkungan tentang Perubahn Iklim
Global |
Informasi tentang isu-isu mengenai Perubahan
Iklim Global melalui aksi nyata warga
SMP Negeri I Kalirejo untuk ikut serta melindungi Bumi. |
Menanamkan rasa peduli dan kesadaran
pentingnya udara yang bersih. |
|
Antisipasi Sampah |
Penambahan tong sampah di setiap kelas,
lokasi strategis dan mudah terjangkau. |
Agar Sampah tertampung dengan baik dan tidak
menggunung. |
|
Pemilahan Sampah |
Membuat Tong sampah untuk sampah organik
diletakkan berdampingan (sepasang) dan an organik di depan kelas, lokasi strategis,
dan mudah terjangakau. |
Memudahkan proses pemilihan daur ulang. |
|
Pemanfaatan sampah daur ulang |
Pengadaan komposter dan upaya daur ulang
sampah menjadi prakarya bermanfaat, |
Mengurangi pencemaran sekaligus sebagai media
pembelajaran |
|
Mengoleksi karya daur ulang |
Membuat galeri atau lemari pajang. |
Menumbuhkan sifat tidak boros dan cinta seni |
|
Pengadaan Bank sampah |
Membuat 2 kotak sampah besar yang dapat
menampung semua sampah yang ada di sekolah. |
Menumbuhkan karakter disiplin siswa dalam
membuang sampah |
|
Penghijauan, dengan menanam pepohonan
dilingkungan sekolah dan mengadakan kebun kelas. |
Menanam sayuran |
Kebun
Kelas SMP Negeri I Kalirejo memiliki kebun kelas, dengan tujuan mengurangi
emisi karbon di sekitar sekolah, kegiatan kebun kelas yang dilakukan adalah
menanam sayuran yaitu terong dan bunga kol serta cabai, dengan kegiatan kebun
kelas ini siswa juga belajar literasi
sains yaitu: tentang bagaimana terjadinya prubahan iklim global, literasi
finansial pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan
pemahaman tentang konsep dan risiko, keterampilan agar dapat membuat
keputusan yang efektif dalam konteks finansial untuk meningkatkan
kesejahteraan finansial, baik individu maupun sosial, dan dapat
berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat.
Dalam belajar liteasi finansial ini siswa belajar mengelola keuangan yaitu
pemasukan dan pengeluaran yang seimbang. Selain literasi sains dan literasi
finansial siswa juga belajar literasi digital penggunaan
perangkat teknologi, informasi dan komunikasi dalam mengakses, mengaryakan,
hingga mendistribusikan informasi. Literasi dapat diartikan sebagai pemahaman
dan keterampilan menulis, membaca, berhitung dan lainnya. Contoh literasi
digital dalam kegiatan kebun kelas adalah bagaimana mengemas hasil kebun kelas dan membuat iklan
secara menarik. |
|
Tahap
Perencanaan
Peserta
didik melakukan survai lokasi dan menentukan bibit yang akan di tanam. Dan
mempersiapkan kompos, sekam, papan nama, polybag, dan peralatannyang dibutuhkan
untuk kegiatan Kebun Kelas (KEKEL). Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok
masing-masing kelas untuk piket harian.
Tahap Pelaksanaan
Peserta didik melakukan pengolahan lahan tanam dan media
tanam, kemudian memasukan media tanam yang sudah dicampur kedalam polybag
besar. Minggu berkutnya peserta didik mulai menanam bibit yang sudah
ditentukan. Petugas piket harian merawat tanaman sesuai dengan jadwal piketnya
masing-masing. Siswa membuat catatan dan dokumentasi dari perkembangan tanaman
yang mereka tanam secara berkala.
Tugas : Secara berkelompok peserta
didik membuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan kegiatan Kebun Kelas (KEKEL).
Pelaporan : 1. Video
2. Publikasi Laporan Tertulis
3. Dokumentasi Photo
Mengetahui Kalirejo,
2 Agustus 2021
Kepala SMP Negeri I
Kalirejo Koordinator
Proyek Lintas Mapel
Rusmiyati, S.Ag. M.Pd.I Siti
Rohani, S.Pd. M.M
NIP. 197008211995122001 NIP.
197202111990122001
Penulis
Siti Rohani, S.Pd. M.M
SMP Negeri I Kalirejo
Lampung Tengah
Provinsi Lampung
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda