SMP NEGERI I KALIREJO LAMPUNG TENGAH JUARA I SEKOLAH ADIWIYATA TINGKAT KABUPATEN
Program Sekolah Adiwiyata adalah program pengelolaan lingkungan hidup di sekolah. Program ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara Menteri Negara Lingkungan Hidup dengan Menteri Pendidikan Nasional Nomor Kep. 07/MENLH/06/2005 dan Nomor 05/VI/KB/2005 tentang Pembinaan dan Pengembangan Lingkungan Hidup. Kemudian disempurnakan dengan keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 5 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Adiwiyata, dan disempurnakan lagi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 52 Tahun 2019 tentang gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah serta peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 53 tahun 2019 tentang penghargaan Adiwiyata.
Adiwiyata berasal dari bahasa sansekerta, yang terdiri dari dua kata yaitu: Adi dan Wiyata. Adi memiliki arti besar, agung, baik, ideal atau sempurna. Sedangkan wiyata berarti tempat seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma, etika. Adiwiyata memiliki makna tempat yang baik dan ideal tempat diperolehnya segala ilmu pengetahuan dan sebagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju kesadaran warga sekolah yang mempunyai lingkungan hidup dan melakukan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah.
A. Tujuan Adiwiyata
1.
Tujuan Umum :
membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan
melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi
kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.
2.
Tujuan Khusus :
mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan
pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung
pembangunan berkelanjutan.
B. Prinsip Dasar Program Adiwiyata
1.
Edukatif, prinsip ini
mendidik programer Adiwiyata untuk mengedepankan nilai-nilai pendidikan dan
pembangunan karakter peserta didik agar mencintai lingkungan hidup, baik
lingkungan dalam sekolah, di rumah dan di masyarakat luas.
2.
Partisipatif,
komunitas sekolah harus terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi
keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggungjawab
dan peran.Partisipatif ini juga merupakan sebuah sikap yang harus dituntujukkan
kepada lingkungan sekitar sekolah dari komite sampai pemerintahan setempat,
harus dilibatkan, agar pelestarian lingkungan hidup dari sekolah bisa berdampak
ke lingkungan sekitar.
3.
Berkelanjutan, seluruh
kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif/berkesinambungan.
C. Komponen Untuk Mencapai Tujuan Sekolah Adiwiyata
1. Kebijakan Berwawasan Lingkungan
Visi dan Misi Sekolah
yang Peduli dan Berbudaya Lingkungan.
·
Kebijakan Sekolah
dalam mengembangkan Pendidikan Lingkungan Hidup
·
Kebijakan Peningkatan
Sumber Daya Manusia (SDM) baik Pendidikan maupun tenaga Kependidikan dibidang
Pendidikan Lingkungan Hidup.
·
Kebijakan Sekolah
dalam hal penghematan Sumber Daya Alam
·
Kebijakan Sekolah yang
mendukung terciptanya Lingkungan Sekolah yang Bersih dan Sehat.
· Kebijakan Sekolah untuk pengalokasian dan penggunaan dana bagi kegiatan yang terkait dengan lingkungan hidup
2. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan
·
Pengembangan model
pembelajaran proyek lintas mata pelajaran,
·
Penggalian dan
pengembangan materi dan persoalan lingkungan hidup yang ada di masyarakat
sekitar,
·
Pengembangan metode
belajar berbasis lingkungan dan budaya,
· Pengembangan kegiatan kurikuler untuk peningkatan pengetahuan dan kesadaran siswa tentang lingkungan hidup.
3. Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif
·
Menciptakan kegiatan
ekstrakurikuler/kurikuler di bidang lingkungan hidup berbasis partisipatif di
sekolah
·
Mengikuti kegiatan
aksi lingkungan hidup yang dilakukan oleh pihak luar,
· Membangun kegiatan kemitraan atau memprakarsai pengembangan pendidikan lingkungan hidup di sekolah.
4. Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah yang Ramah Lingkungan
·
Pengembangan fungsi
sarana pendukung sekolah yang ada untuk pendidikan lingkungan hidup,
·
Peningkatan kualitas
pengelolaan lingkungan di dalam dan di luar kawasan sekolah,
·
Penghematan sumberdaya
alam (listrik, air dan udara),
·
Peningkatan kualitas
pelayanan makanan sehat,
· Pengembangan sistem pengelolaan sampah.
D.
Manfaat mengikuti Program
Adiwiyata adalah :
1. Mendukung pencapaian
standar kompetensi/ kompertensi dasar dan standar kompetensi lulusan (SKL)
pendidikan dasar dan menengah.
2. Meningkatkan efesiensi
penggunaan dana operasional sekolah melalui penghematan dan pengurangan
konsumsi dari berbagai sumber daya dan energi.
3. Menciptakan
kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan
kondusif.
4. Menjadi tempat
pembelajaran tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup
yang baik dan benar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar.
5. Meningkatkan upaya
perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup meIalui kegiatan pengendalian
pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan di
sekolah.
2. Kegiatan Sekolah Adiwiyata SMP Negeri I Kalirejo Lampung Tengah
Negeri I Kalirejo Lampung Tengah merupakan Sekolah yang mewujudkan sekolah yang peduli lingkungan, dan telah memperoleh penghargaan dari
KemHidup dan Kehutanan untuk tingkat kabupaten.
Nomor |
Program |
Rencana
Aksi |
Tujuan |
1. |
Kampanye Lingkungan |
Informasi
tentang isu-isu mengenai tentang melalui spanduk, Baliho, Mading serta
partisipasi guru mensosialisasikan sekolah adiwiyata. |
Menanamkan
rasa peduli dan kesadaran lingkungan. |
2. |
|
Penambahan
tong sampah di setiap kelas, lokasi strategis dan mudah terjangkau. |
Agar
Sampah tertampung dengan baik dan tidak menggunung. |
3. |
Pemilahan Sampah |
Membuat
Tong sampah untuk sampah organik diletakkan berdampingan (sepasang) dan an
organik di depan kelas, lokasi strategis, dan mudah terjangakau. |
Memudahkan
proses pemilihan daur ulang. |
4. |
Pemanfaatan
sampah daur ulang |
Pengadaan
komposter dan upaya daur ulang sampah menjadi prakarya bermanfaat |
Mengurangi
pencemaran sekaligus sebagai media pembelajaran |
5. |
Mengoleksi
karya daur ulang |
Membuat
galeri atau lemari pajang. |
Menumbuhkan
semangat adiwiyata |
6. |
Pembiasaan K3
terhadap warga sekolah |
Melengkapi
peralatan kebersihan, menjadwalkan goyong royong untuk kebersihan (gema
berseri), dan menertibkan piket kelas. |
Menanamkan
tanggungjawab dan kebersamaan. |
7. |
Pengadaan
Bank sampah |
Membuat
2 kotak sampah besar yang dapat menampung semua sampah yang ada di sekolah. |
Menumbuhkan
karakter disiplin siswa dalam membuang sampah |
8. |
Penghijauan,
dengan menanam pepohonan dilingkungan sekolah dan mengadakan kebun kelas
serta hidroponik. |
Menanam
sayuran |
SMP Negeri I
Kalirejo memiliki kebun kelas, dan hidroponik dengan tujuan mengurangi emisi
karbon di sekitar sekolah, kegiatan kebun kelas yang dilakukan adalah menanam
sayuran yaitu terong dan bunga kol serta cabai. |
9. |
penghematan sumber daya alam |
menghemat air, udara, dan listrik |
menguatkan karakter cinta lingkungan |
10. |
Pemeliharaan
sanitasi |
Mengatisipasi
genangan air, kebersihan MCK (mandi, cuci, kakus). |
Kebersihan
lingkungan terjaga, seperti saluran air (drainase) dan MCK (mandi, cuci kakus) |
Penulis
Team Adiwiyata Negeri I Kalirejo
Lampung Tengah
Provinsi Lampung
4 Komentar:
Mantaaap Bu....👍👍👍
Terimakasih 🙏❤
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Terimakasih Bintang ❤
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda