Pelatihan perencanaan berbasis data dan pengelolaan sumber daya sekolah
Dari kiri ke kanan: Zukriyandri, M.Si, Syafrul Anwar, S.Pd, dan Dr. Dani Andra, M.Sc
Pelatihan perencanaan berbasis data dan pengelolaan sumber daya sekolah
Untuk kali yang ke dua pagi ini kami bertiga Bu Rusmiyati, Bu Indar Swarsih dan saya berangkat ke SMP Negeri I Seputih Agung untuk mengikuti pelatihan perencanaan berbasis data dan pengelolaan sumberdaya sekolah. Pelatihan ini dilaksanakan dua hari yaitu tanggal 4 sd 5 Februari 2022 dan diikuti oleh 15 sekolah terdiri dari 15 kepala sekolah, 15 operator dan 15 guru.Dalam pelatihan ini ada tiga pelatih ahli yang membersamai kami yaitu : Zukriyandri, M.Si, Syafrul Anwar, S.Pd, dan Dr. Dani Andra, M.Sc
Sebelum memulai pelatihan ini kami mengisi pre tes tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta pelatihan pada materi ini.
1. Materi hari pertama dalam pelatihan ini adalah
1. Transformasi Sekolah dan Pendidikan Daerah dalam Kerangka Merdeka Belajar
Program atau perencanaaan belum berdampak pada keningkatan mutu disebabkan perencanaan belum berbasis data sesuai dengan masalah yang dihadapi. Konodisi saat ini hasil belajar dibawah rata-rata dan kesenjangan antar kelompok atau wilayah. sedangkan kondisi yang diharapkan hasil pembelajaran lebih baik. untuk menanggulangi hal ini ada beberapa langkah yang perlu dilakukan seperti :
a. kondisi kerja saat ini, data atau laporan tidak valid
b. Identifikasi masalah yaitu analisis tidak sampai akar masalah
c. perencanaan: Perencanaan tidak berdampak pada peningkatan mutu
d. Program kegiatan pengadaan: Program kegiatan pengadaan tidak berdampak pada peningkatan mutu
e. Monitoring dan evaluasi, dampak kegiatan tidak dievaluasi.
2. Elemen-elemen pendidikan yang berperan penting guna menciptakan masyarakat maju antara lain: Tingginya angka partisipasi siswa dan kontribusi kualitas pendidikan yanag merata di semua jenjang pendidikan.
3. Cita-cita kebijakan merdeka belajar adalah untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat indonesia.
4. Pendidikan berkualitas bagi seluruh rakyat indonesia dapat dicapai melalui salah satunya melalui pembelajaaan anggaran yang efektif dan akuntabel
5. Pembelanjaaan anggaran yang efektif dan akuntabel dapat tercapai melalui perencanaan berbasis data
6.Evaluasi sistem pendidikan bertujuan untuk meningkatkan mutu dan pemerataan mutu pendidikan.
7. Evaluasi sistem pendidikan menghasilkan lapran komprehensif berupa profil pendidikan yang menjadi rujukan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan satuan pendidikan dalam menyusun anggaran, program dan kebijakan
8. Merdeka belajar bertujuan untuk mentranformasi layanan pendidikan yang berdampak pada kualitas hasil belajar dan pemetaaannya
9. Interverensi kebijakan tranformasi kebijakan dan pemerataan mutu perlu dilakukan untuk berbagai tingkatan.
2. Hari Kedua peserta belajar praktik perencanaan berbasis data dan pengelolaan sumber daya sekolah
7 Komentar:
Masya Alloh.. di mana - mana dapat ilmu...
Masya Alloh.. di mana - mana dapat ilmu.
Alhamdulillah Bu...
Wah keren sekolah ibu, maju terus dgn segala ilmu yg ada👍dan ibu rajin mengisi blognya dgn aneka tulisan. Komitmen dipegang nih dan terus semangat Bu.
Maaf kalau boleh beri saran, penataan paragrafnya dirata kiri sj biar terlihat lbh rapi dan penulisan istilah asing klo bisa jgn salah. Klo dak salah ibu menuliskan aut put, bukankah yg benar out put lawan dr input.🙏
Ok ..terimakasih masukan
Siap edit Bu...
Semangat, terus berkarya bu..
Ok Terimakasih
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda