LOKAKARYA 4
Dari kiri ke kanan Zukriyandi, M.Si, Syafrul Anwar, S.Pd, Dr. Doni Andra, M.Sc.
Hari ini, Senin 7 Maret 2022, 3 Pelatih Ahli yaitu Bapak Dr. Doni Andra, M.Sc Bapak, Bapak Zukriyandi, M.Si dan Bapak Safrul. S.Pd melaksanakan lokakarya ke 4 dengan 12 Kepala Sekolah SD dan SMP Sekolah Penggerak di Kabupaten Lampung Tengah dari pukul 08.00 sd 15.00 WIB
Kepala SMP negeri I Kalirejo Lampung Tengah Rusmiyati, M.Pd.I menuturkan "Materi dari 3 Pelatih Ahli kali ini adalah":
1. PEMETAAN ASET
Aset yang dimiliki Sekolah meliputi
A. Aset SDM
(Sumber daya manusia yang dimiliki sekolah, dilihat dari pengetahuan, kecerdasan, dan keterampilan yang dimiliki oleh setiap warga sekolah)
B. Modal Daya Sosial
(Norma/aturan yang
mengikat warga masyarakat, unsur kepercayaan, dan jaringan antar unsur yang ada
dalam komunitas/masyarakatB. Aset Sumber Daya Sosial
C. Modal Fisik
(Bangunan untuk pembelajaran dan atau infrastruktur/sarana prasarana)
D. Lingkungan
(Potensi yang belum diolah dan mempunyai nilai ekonomi tinggi dalam upaya pelestarian alam dan juga kenyamanan hidup)
E. Modal Finansial
(Dukungan keuangan yang dimiliki dan dapat digunakan untuk pembiayaan proses pembangunan dan kegiatan)
F. Modal Politik
(Ukuran keterlibatan sosial. Lembaga pemerintah/perwakilan dan semua lapisan kelompok yang memiliki hubungan dengan sekolah)
G. Modal Agama dan Budaya
(Keberadaan kegiatan ritual kebudayaan dan keagamaan, kelembagaan, dan tokoh-tokoh penting yang berpotensi untuk menunjang pengembangan kegiatan sekolah)
2. Pendekatan berbasis masalah (Defisid Based Thinking) dan Pendekatan berbasis aset (Asset Based Thinking)
Pendekatan
berbasis kekurangan/masalah/hambatan |
Pendekatan
berbasis aset |
1 Fokus
pada permaslahan 2 Berkutat
pada masalah utama Mengidentifikasi
kebutuhan dan kekurangan dan selalu bertanya apa yang kurang 4 Fokus mencari bantuan dari sponsor atau institusi lain Merancang
program atau proyek untuk menyelesaikan masalah 6. Mengatur
kelompok yang dapat melaksanakan program |
. Fokus
pada asset dan kekuatan Membayangkan
masa depan Berfikir
tentang kesuksesan yang telah diraih dan kekuatan untuk mencapai kesuksesan
tersebut Mengorganisasikan
kompetensi dan sumber daya (asset dan kekuatan) Merancang
sebuah rencana berdasarkan misi dan kekuatan Melaksanakan
rencana aksi yang sudah di programkan |
3. Konsep BAGJA/ Model Managemen perubahan yang mengggunakan paradigma Inkuiri apresiatif.
Inkuiri Apresiatif (IA) dikenal dengan pendekatan inkuiri kolaboratif dalam melakukan perubahan yang Berbasis Kekuatan.
Inkuiri Apresiatif ini pertama dikembangkan oleh David Cooperrider mengenalkan prinsip-prinsip phisikologi positif dan pendidikan positif.
ยท
1. Buat Pertanyaan Penentu utama arah penulusuan, penyelidikan, penelitian
2. Ambil Pelajaran , mengambil pelajaran dari pengalaman positif, individu atau bersama ==> menuntun pengamblan pembelajaran.
3. Gali Mimpi bersama, Komunitas sekolah menggali mimpi keadaan ideal==> Menyusun Narasi keadaan ideal
4. Jabarkan Rencana untuk mencapai gambaran rencana agar lebih konkrit ==> mengidentifikasi tindakan yang diperlukan.
5. Atur Eksekusi ==> bagian mentransformasi menjadi nyata.
5
Penulis
Siti Rohani, S.Pd.M.M
. SMP Negeri I Kalirejo
. Lampung Tengah
. Provinsi Lampung
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda